Quran Surat An Nisa Ayat 32


walaa tatamannaw maa fadhdhala allaahu bihi ba’dhokum ‘alaa ba’dhinn lilrrijaali nashiibun mimmaaktasabuu walinnisaa-i nashiibun mimmaaktasabna was-aluu allaaha min fadhlihi inna allaaha kaana bikulli syay-in ‘aliimaan.

Artinya:

Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Allah telah membebani kaum lelaki dan wanita dengan berbagai pekerjaan. Masing-masing keduanya tidak boleh iri terhadap apa yang telah dikhususkan bagi yang lainnya. Allah telah mengkhususkan pekerjaan-pekerjaan rumah bagi kaum wanita dan pekerjaan-pekerjaan berat di luar rumah bagi kaum lelaki, agar masing-masing dapat menekuni pekerjaannya sendiri dan mengerjakan kewajibannya dengan ikhlas.

Hendaknya masing-masing memohon pertolongan dan kekuatan kepada Allah dalam melaksanakan pekerjaan yang dibebankan kepadanya., dan jangan iri hati terhadap apa yang dibebankan kepada pihak lain. Termasuk kedalam larangan ini adalah iri hati terhadap segala perkara yang sifatnya ciptaan, seperti akal, keindahan, karena tidak ada gunanya iri hati terhadapnya bagi orang yang tidak diberi hal itu. Tidak termasuk kedalam larangan ini adalah perkara-perkara yang menyangkut mata pencarian, karena seseorang diuji untuk melihat apa yang telah diperoleh orang lain, lalu berangan-angan seperti dia, atau lebih baik dari padanyadengan berusaha dan bersungguh- sungguh.

Allah meminta kita agar mengalihkan pandangan kepada apa yang ada dalam kemampuan kita, bukan pada apa yang berada diluar kemampuan kita. Sesungguhnya keutamaan terletak pada usaha dan kerja. Oleh karena itu, janganlah berangan-angan sesuatu tanpa usaha dan kerja. Dalam memenuhi segala tuntutannya, hendaknya seorang muslim bersandar kepada potensipotensi dan kekuatan-kekuatannya dengan bersungguh-sungguh sambil mengharap karunia Allah dalam perkara-perkara yang tidak dapat dicapai dengan usahanya.

1H1A

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s