Quran Surat Asy-Syams Ayat 9

قَدْ أَفْلَحَ مَنْ زَكَّاها

qad aflaha man zakkaahaa

Artinya:

Sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu.

Kita sebagai manusia mempunyai kewajiban yang harus kita berikan terhadap diri kita sendiri. Seluruh anggota tubuh kita berhak untuk mengekspresikan kewajiban kita untuk tunduk dan patuh akan kebesaran Allah SWT.

Berdasarkan ayat di atas, mereka yang memperlakukan dirinya dengan sikap mahmudah (akhak yang baik) sungguh beruntung, yaitu ketika ia mampu membersihkan jiwanya dari kotoran-kotoran yang akan mencemari dan mengotori akidah dan keimanan yang dimiliki oleh seorang muslim.

Diri ini harus dibersihkan dari berbagai penyakit hati seperti sombong, dengki, iri, berprasangka buruk dsb. Dibersihkan rumah tangganya dari barang-barang haram, makanan haram, alat-alat musik yang menjadikan diri lupa kepada Allah, dari gambar yang haram, patung dsb, agar diri kita selalu condong kepada kebaikan. Disucikanlah diri kita ditempat mana saja kita berada.

Ada 4 langkah yang harus ditempuh oleh seorang muslim untuk membersihkan dirinya, yaitu taubat, mencoba mendekatkan diri kepada Allah, introspeksi diri, dan bersungguh-sungguh untuk mencapai keridhoan Allah SWT.

1H1A

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s