Tips Sahur dan Berbuka Puasa

  1. Makan secara teratur saat buka puasa dan sahur dengan menu seimbang. Perbanyak makan makanan yang berserat karena makanan berserat berguna untuk menahan lapar dan memperlancar pencernaan.
  2. Minum cukup. 7-8 gelas sehari,terdiri dari 3 gelas saat sahur dan 5 gelas dari buka sampai sebelum tidur.
  3. Tambahkan 1 gelas susu atau suplemen vitamin saat sahur guna meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.
  4. Beristirahat sekitar 1 jam sebelum buka puasa guna memberi keseimbangan pada pencernaan.
  5. Saat buka,jangan langsung minum air dingin tapi dengan minuman yang hangat agar perut tidak kembung.
  6. Saat sahur,bisa juga makan nasi+telur mata sapi+tahu tempe. Ditambah dengan buah-buahan dan air putih. Kalau tidak makan nasi bisa diganti dengan roti isi atau bubur.
  7. Makan sebanyak 50 % saat berbuka,10 % setelah sholat tarawih,dan 40 % saat sahur.
  8. Berbuka dengan makan-makanan yang manis.
  9. Buat yang sakit maag,hindari makan ketan,mie,ikan,sayuran mentah,sayuran berserat,minuman bersoda dan bumbu-bumbu yang tajam seperti cuka,cabe dan asam.
  10. Bagi yang kelebihan berat badan,jangan makan makanan seperti sirup,coklat dan es krim terlalu banyak. Lebih baik,mengonsumsi sayur,buah,dan daging tanpa lemak. Usahkan lebih banyak makan makanan yang dikukus,dibakar,atau direbus.
  11. Bagi yang terlalu kurus,hindari makanan yang berserat kasar seperti daun singkong dan pepaya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s